Penumbuhan Budaya Positif Sekolah melalui Pembuatan Kesepakatan Kelas di SDN 4 Sirnajaya

 

AKSI NYATA MODUL 1.4 BUDAYA POSITIF

                      Penumbuhan Budaya Positif Sekolah      

melalui Pembuatan Kesepakatan Kelas  di SDN 4 Sirnajaya

 

Wiwin Nurwaeni

CGP Kabupaten Garut

SDN 4 Sirnajaya (201512024009)

 

A.   Latar Belakang

Kegiatan yang positif yang selama ini menjadi hal positif akan terus dilaksanakan dalam mengimplementasikan penumbuhan budaya positif di SDN 4 Sirnajaya.

Budaya positif yang dibangun diawali dari hal-hal kecil. Dengan kebersamaan dalam proses pelaksanannya, diharapkan akan menciptakan sekolah yang berbudaya positif. Salah satu cara kecil yang dilaksanakan adalah dengan menyusun kesepakatan kelas dengan berdasarkan pada kebutuhan siswa dan kondisi sekolah. Dengan hal kecil ini diharapkan setiap kelas akan lebih menanamkan budaya positif sehingga kedepannya akan tercipta sekolah yang berbudaya positif.

Dengan kolaborasi dari setiap unsur sekolah diharapkan akan mengefektifkan proses penumbuhan budaya positif sekolah melalui pelaksanaan kesepakatan kelas yang konsisten, dan berkelanjutan.

Selain itu dengan adanya kolaborasi diharapkan setiap perbaikan akan datang dari setiap unsur sekolah sehingga kesepakatan kelas akan terus berkembang sesuai dengan perkembangan kodrat alam dan zaman siswa.

Penanaman disiplin positif sebagai salah satu aspek dalam budaya positif perlu dilakukan sedini mungkin, untuk menciptakan generasi yang faham akan kebutuhannya, lingkungannya, dan masa depannya.

Kesepakatan kelas yang dibuat diharapkan akan menumbuhkan disiplin positif yang akan mengakar pada motivasi instrinsik dari setiap siswa yang telah ikut menyusun kesepakatan kelas tersebut, sehingga aturan yang ada bukan dijadikan sebagai pengendali perilaku tetapi menjadi suatu konsep yang harus mereka pahami akan eksistensi dan konsekwensinya.

 

B.   Deskripsi Aksi Nyata yang Dilakukan

Aksi nyata yang dilaksanakan berkaitan dengan pembuatan Poster Kesepakatan Siswa SDN 4 Sirnajaya selama pembelajaran berlangsung.

Penyusunan kesepakatan kelas dilaksanakan melalui diskusi bersama guru kelas dan siswa dalam WAG, dan setelah itu hasilnya didikusikan bersama ketika ada pertemuan di sekolah dan ditentukan hasilnya sesuai dengan kesepakatan bersama.

 

C.   Hasil dari Aksi Nyata yang Dilakukan

Hasil dari aksi nyata yang dilaksanakan adalah poster kesepakatan kelas yang berlaku  bagi seluruh siswa/siswi disetiap jenjang kelas yang ada di SDN 4 Sirnajaya selama pembelajaran baik sevara daring ataupun luring.

D.   Pembelajaran yang Didapat dari Pelaksanaan (Keberhasilan maupun Kegagalan)

Keberhasilan

Pembelajaran yang didapat dari pelaksanaan aksi nyata terkait keberhasilan tentu  berkaitan dengan terbuatnya desain poster untuk kesepakatan kelas yang berlaku di setiap kelas yang ada di SDN 4 Sirnajaya.

 

Kegagalan

Pembelajaran yang didapat dari pelaksanaan aksi nyata yang berkaitan dengan kegagalan ini berhubungan dengan kurang optimalnya peran dari setiap siswa yang ada di SDN 4 Sirnajaya dan partisipasinya dalam proses penyusunan kesepakatan kelas dikarenakan tidak tersedianya fasilitas smart phone yang menunjang dalam WAG.

 

E.   Rencana Perbaikan untuk Pelaksanaan di masa Mendatang

Rencana perbaikan yang akan dilaksanakan di masa mendatang tentu berkaitan dengan proses penyusunan kesepakatan kelas dengan siswa-siswi SDN 4 Sirnajaya akan dilaksanakan secara daring dan luring ketika kegiatan guru kunjung dilakukan untuk meningkatkan peran serta siswa dan orang tua.

 

 

 

F. Dokumentasi Proses dan Hasil Pelaksanaan

                  

 

Dokumentasi proses penyusunan kesepkaatan kelas bersama guru ketika di sekolah (kiri) dan pembahasan lanjutan di Zoom meeting terbatas karena hanya tiga guru yang dapat masuk dikarenakan tidak stabil jaringan (kanan)




Dokumentasi proses penyususnan bersama siswa melalui Video Calll terbatas karena hanya 3 orang yang dapat hadir dikarenakan jaringan

 



Dokumentasi desain poster yang telah terbentuk selama pembelajaran baik daring atau luring


Terima kasih kepada seluruh pembaca, mohon saran yang konstruktif kepada penulis.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Alur MIKiR (Mengalami, Interaksi, Komunikasi, dan Refleksi) dalam Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi Corona-19

Penggunaan TTS Bergambar Kebersamaan dalam Keluarga dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menganalisis Nilai dalam Keluarga (Pembelajaran Kelas 1 Tema 4 Subtema 4)

Kesimpulan dan Refleksi Filosofis Pendidikan Nasional Ki Hajar Dewantara