Penumbuhan Budaya Positif Sekolah melalui Pembuatan Kesepakatan Kelas di SDN 4 Sirnajaya
AKSI
NYATA MODUL 1.4 BUDAYA POSITIF
Penumbuhan
Budaya Positif Sekolah
melalui Pembuatan Kesepakatan Kelas di SDN 4 Sirnajaya
Wiwin Nurwaeni
CGP Kabupaten Garut
SDN 4 Sirnajaya (201512024009)
A. Latar Belakang
Kegiatan
yang positif yang selama ini menjadi hal positif akan terus dilaksanakan dalam
mengimplementasikan penumbuhan budaya positif di SDN 4 Sirnajaya.
Budaya positif yang dibangun diawali
dari hal-hal kecil. Dengan kebersamaan dalam proses pelaksanannya, diharapkan
akan menciptakan sekolah yang berbudaya positif. Salah satu cara kecil yang
dilaksanakan adalah dengan menyusun kesepakatan kelas dengan berdasarkan pada
kebutuhan siswa dan kondisi sekolah. Dengan hal kecil ini diharapkan setiap
kelas akan lebih menanamkan budaya positif sehingga kedepannya akan tercipta
sekolah yang berbudaya positif.
Dengan kolaborasi dari setiap unsur
sekolah diharapkan akan mengefektifkan proses penumbuhan budaya positif sekolah
melalui pelaksanaan kesepakatan kelas yang konsisten, dan berkelanjutan.
Selain itu dengan adanya kolaborasi
diharapkan setiap perbaikan akan datang dari setiap unsur sekolah sehingga
kesepakatan kelas akan terus berkembang sesuai dengan perkembangan kodrat alam
dan zaman siswa.
Penanaman disiplin positif sebagai
salah satu aspek dalam budaya positif perlu dilakukan sedini mungkin, untuk
menciptakan generasi yang faham akan kebutuhannya, lingkungannya, dan masa
depannya.
Kesepakatan kelas yang dibuat
diharapkan akan menumbuhkan disiplin positif yang akan mengakar pada motivasi
instrinsik dari setiap siswa yang telah ikut menyusun kesepakatan kelas
tersebut, sehingga aturan yang ada bukan dijadikan sebagai pengendali perilaku
tetapi menjadi suatu konsep yang harus mereka pahami akan eksistensi dan
konsekwensinya.
B.
Deskripsi
Aksi Nyata yang Dilakukan
Aksi
nyata yang dilaksanakan berkaitan dengan pembuatan Poster Kesepakatan Siswa SDN
4 Sirnajaya selama pembelajaran berlangsung.
Penyusunan
kesepakatan kelas dilaksanakan melalui diskusi bersama guru kelas dan siswa
dalam WAG, dan setelah itu hasilnya didikusikan bersama ketika ada pertemuan di
sekolah dan ditentukan hasilnya sesuai dengan kesepakatan bersama.
C. Hasil dari Aksi Nyata yang
Dilakukan
Hasil dari aksi nyata yang
dilaksanakan adalah poster kesepakatan kelas yang berlaku bagi seluruh siswa/siswi disetiap jenjang
kelas yang ada di SDN 4 Sirnajaya selama pembelajaran baik sevara daring
ataupun luring.
D.
Pembelajaran
yang Didapat dari Pelaksanaan (Keberhasilan maupun Kegagalan)
Keberhasilan
Pembelajaran
yang didapat dari pelaksanaan aksi nyata terkait keberhasilan tentu berkaitan dengan terbuatnya desain poster
untuk kesepakatan kelas yang berlaku di setiap kelas yang ada di SDN 4
Sirnajaya.
Kegagalan
Pembelajaran
yang didapat dari pelaksanaan aksi nyata yang berkaitan dengan kegagalan ini
berhubungan dengan kurang optimalnya peran dari setiap siswa yang ada di SDN 4
Sirnajaya dan partisipasinya dalam proses penyusunan kesepakatan kelas dikarenakan
tidak tersedianya fasilitas smart phone yang menunjang dalam WAG.
E.
Rencana
Perbaikan untuk Pelaksanaan di masa Mendatang
Rencana
perbaikan yang akan dilaksanakan di masa mendatang tentu berkaitan dengan
proses penyusunan kesepakatan kelas dengan siswa-siswi SDN 4 Sirnajaya akan
dilaksanakan secara daring dan luring ketika kegiatan guru kunjung dilakukan
untuk meningkatkan peran serta siswa dan orang tua.
F. Dokumentasi Proses dan Hasil
Pelaksanaan
Dokumentasi proses penyusunan kesepkaatan kelas bersama
guru ketika di sekolah (kiri) dan pembahasan lanjutan di Zoom meeting terbatas
karena hanya tiga guru yang dapat masuk dikarenakan tidak stabil jaringan
(kanan)
Dokumentasi proses penyususnan bersama
siswa melalui Video Calll terbatas karena hanya 3 orang yang dapat hadir
dikarenakan jaringan
Dokumentasi desain
poster yang telah terbentuk selama pembelajaran baik daring atau luring
Terima kasih kepada seluruh pembaca, mohon saran yang konstruktif kepada penulis.
Komentar
Posting Komentar