Alur MIKiR (Mengalami, Interaksi, Komunikasi, dan Refleksi) dalam Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi Corona-19

 

Alur MIKiR (Mengalami, Interaksi, Komunikasi, dan Refleksi) dalam Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi Corona-19

Siswa Kelas I SDN 4 Sirnajaya

 

Wiwin Nurwaeni, S.Pd

CGP Kabupaten Garut

SDN 4 Sirnajaya (201512024009)

 

A.    Latar Belakang

Aksi nyata yang dilaksanakan berdasarkan pada hal-hal yang terjadi pada CGP mengenai proses pembelajaran di masa Pandemi Corona-19 di kelas yang diampu. Hal tersebut berkaitan dengan pemahaman terhadap pentingnya siswa sebagai tujuan utama dalam proses menuntun dalam proses pembelajaran, dan mengarahkan siswa menuju keterampilan abad 21 dan karakter pelajar pancasila melalui penerapan alur belajar MIKiR, dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan secara luring dengan teknik guru kunjung (Jarunjung) atau pelaksanaan pembelajaran dengan kelompok kecil yang terdiri dari 3 orang perkelompok, dan kelas I untuk tahun ini ada 6 kelompok kecil.

Tujuan dalam pelaksanaan aksi nyata ini adalah meningkatkan kemampuan siswa dalam mengamati, interaksi, komunikasi, dan refleksi dalam pembelajaran yang dilaksanakan. Melalui penyusunan skenario pembelajaran dengan menggunakan alur MIKiR guru dapat menuntun siswa mencapai merdeka belajar sesuai dengan karakter pelajar pancasila dan keterampilan siswa abad 21 dengan tepat.

 

B.     Deskripsi Aksi Nyata yang Dilakukan

Aksi nyata yang dilaksanakan tentunya berkaitan dengan alur belajar yang dirancang dalam skenario pembelajaran di masa Pandemi Corona-19. Alur belajar tersebut CGP sebut dengan akronim MIKiR (Mengamati, Interaksi, Komunikasi, dan Refleksi). Sebagai deskripsi  dari aksi nyata  yang dilakukan CGP mengenai sintak atau alur  MIKiR tertuang dalam sintak alur MIKiR dalam skenario pembelajaran yang dibuat oleh CGP sesuai denggan rencana aksi nyata dengan sintak kegiatan inti sebagai berikut.

Kegiatan

Aktivitas yang Dilakukan

 

Kegiatan Inti

Mengamati

1.   Siswa mengamati benda-benda yang ada dirumah mereka.

2.   Siswa mengumpulkan alat tulis yang mereka punya.

3.   Siswa mengamati alat tulis yang dibawa oleh teman mereka.

4.   Siswa membandingkan  alat tulis yang mereka bawa dengan alat tulis teman-temannya.

5.   Siswa mengamati guru melakukan pengukuran alat tulis menggunakan jari tangan atau jengkal.

 

Interaksi

1.   Siswa mengadakan tanya jawab dan diskusi mengenia benda-benda yang ada atau alat tulis yang mereka bawa.

2.    Siswa secara berkelompok melakukan pengukuran terhadap alat tulis yang mereka bawa dengan menggunakan jengkal.

3.   Siswa meuliskan hasil pengukuran pada LKS yang disediakan.

Komunikasi

1.   Tiap-tiap kelompok melaporkan hasil pengukuran di depan kelas dengan diwakili oleh salah seorang anggota kelompoknya.

2.   Setiap kelompok menaggapi laporan yang disampaikan.

Refleksi

1.   Siswa dan guru mengadakan tanya jawab untuk menyimpulkan  materi yang telah dipelajari.

2.   Guru memberikan penguatan  mengenai materi yang telah dipelajari.

3.   Siswa menyampaikan hal-hal yang telah mereka capai selama pembelajaran.

4.   Siswa menyampaikan hal-hal yang menjadi kekurangan dan harus diperbaiki pada pembelajaran selanjutnya

 

                                                                                                                   

C.    Hasil dari Aksi Nyata yang Dilakukan

Hasil dari aksi nyata yang telah dilakukan berkaitan dengan alur MIKiR yang dilaksanakna terkait:

1)     Kemampuan siswa dalam aktivitas mengamati selama pembelajaran terhadap objek atau stimulus terus dikembangkan sesuai dengan tingkat kemampuan siswa.

2)     Kemampuan siswa dalam aktivitas interaksi bersama dengan sesama siswa atau CGP sebagai guru terus dikembangkan sesesuai dengan kemampuan siswa.

3)     Kemampuan siswa dalam aktivitas  komunikasi terhadap hasil pembelajaran di depan teman-teman dan CGP sebagai guru terus dikembangkan sesuai dengan kemampuan siswa.

4)     Kemampuan siswa dalam aktivitas refleksi terhadap proses dan hasil juga pemahaman pembelajaran yang telah dilaksanakan terus dikembangkan sesuai kemampuan siswa.

 

D.    Pembelajaran yang Didapat dari Pelaksanaan  (Keberhasilan maupun Kegagalan)

Pembelajaran yang didapat berdasarkan aksi nyata yang dilaksanakan oleh CGP terkait pembelajaran muatan pelajaran matematika yang dilaksanakan secara luar jaringan yaitu guru kunjung ditinjau dari aspek keberhasilan dan kegagalan adalah sebagai berikut:

Keberhasilan

1)     Kemampuan siswa dalam mekakukan aktivitas mengamati terhadap stimulus yang diberikan berupa benda-benda konkret dan setiap siswa mengalami peningkatan dengan indikator siswa lebih antusias dan tertarik belajar juga meningkatnya kemampuan siswa dalam menyebutkan benda-benda yang ada berdasarkan hasil penggamatan yang dilakukan.

2)     Kemampuan siswa dalam melakukan aktivitas interaksi yang dilakukan dengan temannya dengan mengajukan pertanyaan yang berhubungan dengan benda-benda yang dijadikan stimulus. Selain itu ada siswa yang awalnya tidak mau mengadakan inetraksi, tetapi pada pertemuan berikutnya siswa tersebut dapat mengadakan interaksi dengan temannya untuk mengadakan tanya jawab tentang stimulus benda konkret yang diperlihatkan.

3)     Kemampuan siswa dalam melakukan aktivitas komunikasi yang berkaitan dengan hasil belajar siswa yaitu mengukur dengan menggunakan jengkal di depan teman-teman kelompoknya.

4)     Kemampuan siswa dalam melakukan aktivitas refleksi yang dilakukan siswa dengan menyebutkan hal-hal yang telah dipahami selama pembelajaran dan menyebutkan hal-hal yang belum dipahami disertai dengan hal yang akan dipelajari selama di rumah setelah pembelajaran luar jaringan selesai dilaksanakan.

5)     Antusias Paguyuban Orang Tua sangat bagus terlihat dari motivasi yang dilakukan terhadap siswa selama proses pembelajaran.

Kegagalan

Proses pelaksanaan alur MIKiR yang dilaksanakan terbatas waktu tentunya akan berpengaruh pada konsistensi sikap dan kemampuan siswa dalam proses belajar. Salama aksi nyata yang dilaksanakan ada beberapa hal yang belum tercapai secara maksimal atau dapat dikatakan suatu kegagalan diantaranya:

1)     Ketelitian siswa dalam melaksanakan pengukuran panjang dengan menggunakan jengkal belum tercapai secara maksimal karena masih ada beberapa siswa yang harus terus berlatih dalam melaksanakan pengukuran dengan jengkal karena berkaitan dengan kelenturan jari tangan.

2)     Motivasi intrinsik untuk belajar sesuai dengan alur MIKiR harus terus mendapatkan bimbingan dari CGP sebagai guru karena masih ada beberapa siswa yang belum  mengikuti alurnya walaupun di bagian awal sudah disampaikan.

 

E.     Rencana Perbaikan untuk Pelaksanaan di masa Mendatang

Perbaikan yang akan dilaksanakan berkaitan dengan ketelitian siswa dalam melakukan pengukuran dan hal ini akan diperbaiki dengan mengadakan kerja sama dengan paguyuban orang tua kelas 1 untuk memberikan pendampingan terhadap proses pembelajaran terutama  terhadap kegiatan pengukuran jengkal yang dilakukan oleh siswa.

Selain itu penumbuhan motivasi siswa dalam melaksanakan pembelajaran dengan alur MIKiR terus dilatihkan sehingga alur tersebut dapat menjadi kebiasaan dan sangat dekat dengan siswa sehingga proses pembelajaran melalui alur MIKiR dapat terlaksanan dengan peningkatan kemampuan siswa sesuai alurnya.

 

F.       
Dokumentasi Proses dan Hasil Pelaksanaan












 

 Proses tahapan Mengalami dengan melakukan aktivitas menjengkal benda-benda yang ada dirumah.

Proses Tahap Interaksi antara siswa dengan kegiatan tanya jawab mengenai hasil pengukuran jengkal yang telah dilakukan.
Proses tahapan komunikasi melaporkan hasil pengukuran jengkal.
Proses tahapan Refleksi

Akhir kata semoga apa yang ditampilkan bermanfaat dan dapat menjadi wasilah perbaikan dalam proses pembelajaran yang berdasarkan pada kebutuhan anak.






Komentar

  1. Sangat penasaran,untuk membaca alur MIKiRnya. Sangat baik , menginpirasi.
    Terimakasih....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Bu Ratnasari atas komentarnya, alur MIKiR sesuai dengan kebutuhan siswa dalam proses pembentukan siswa dalam merdeka belajar.

      Hapus
  2. Alhamdulillah ...nambah lagi ilmuku...dan inspirasi 😍😍😍😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih komentarnya, sama-sama belajar ya🥰😍🙏

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penggunaan TTS Bergambar Kebersamaan dalam Keluarga dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menganalisis Nilai dalam Keluarga (Pembelajaran Kelas 1 Tema 4 Subtema 4)

Kesimpulan dan Refleksi Filosofis Pendidikan Nasional Ki Hajar Dewantara