Penggunaan TTS Bergambar Kebersamaan dalam Keluarga dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menganalisis Nilai dalam Keluarga (Pembelajaran Kelas 1 Tema 4 Subtema 4)
Wiwin Nurwaeni
CGP Kabupaten GarutSDN 4 Sirnajaya (201512024009)
A. Latar Belakang
Proses
pembelajaran yang berlaku di masa pandemi mengharuskan siswa belajar dari rumah
bersama orang tua dengan bantuan dari guru yang kurang optimal. Dengan hal
tersebut ketika guru mengadakan kegiatan
Guru Kunjung (Jarunjung) maka harus ada sesuatu yang akan dapat membuat
pembelajaran tersebut lebih bermakna bagi siswa.
Membuat
alat peraga yang sesuai dengan kebutuhan siswa tentu salah satu cara yang dapat
digunakan untuk menarik minat dan motivasi
siswa dalam belajar. Selain itu alat peraga yang melibatkan konsep
bermain akan lebih disukai karena sejatinya siswa sekolah dasar berada pada
masa bermain. Selain itu perbaikan pembelajaran harus terus dilaksanakan guna
mencapai pembelajaran yang sesuai dengan tujuan.
Setiap keluarga siswa
tentu berbeda dariberbagai sisi. Dengan perbedaan yang ada maka pembelajaran
dilaksanakan dengan adanya alat peraga sebagai sarana dalam menunjang
keberlangsungan belajar siswa yang didalamnya termuat konsep sikap yang harus
ditanamkan siswa dalam keluarga khususnya berkaitan dengana perbedaan dan
keberagaman yang ada dalam keluarga. Tema keluargaku dengan subtema kebersamaan
dalam keluarga menjadi materi yang dipilih karena sesuai dengan waktu
pembelajaran dan sesuai dengan nilai-nilai yang akan ditanamkan pada siswa.
Melalui penggunaan
alat peraga ini, diharapkan siswa akan mendapatkan pengalaman langsung yang
menyenangkan sehingga nilai-nilai yang terkandung dirasakan sebagai sebuah
konsep yang dapat tertanam dengan sendirinya sehingga dapat menimbulkan
motivasi instrinsik dalam pengamalannya dalam kehidupan sehari-hari. Setiap
kata yang termuat dalam TTS disesuaikan dengan gambar yang terdapat dalam Tema
4 Subtema 4 dalam Buku Siswa.
B. Deskripsi Aksi Nyata yang
Dilakukan
Alat peraga TTS
Bergambar Kebersamaan dalam Keluarga merupakan alat peraga yang digunakan untuk
proses pembelajaran Jarunjung yang dilaksanakan oleh guru di masa Pandemi Covid
19.
Sebagai alat atau
stimulus dalam menanamkan konsep nilai-nilai yang harus dimiliki atau dilakukan
oleh seorang siswa dalam menghadapi setiap perbedaan yang ada dalam keluarga.
Siswa dihadapkan pada gambar-gambar yang akan mengarahkan mereka pada sebuah
kata yang harus mereka jawab dengan
menyusun huruf-huruf sehingga membentuk sebuah kata yang mereka sudah
pelajari dalam tema 4 subtema 4. Berikut tampilan TTS Bergambat Kebersamaan
dalam keluarga.
Gambar 1 Udin sedang “belajar”
bersama Ayah di rumah.
Gambar 2 Siti dan
adik sedang “bermain” bersama.
Gambar 3 Edo sedang
belajar dan membutuhkan bantuan, dengan demikian Edo akan mengucapkan kata
“tolong”.
Gambar 4 Dayu sedang
“membantu” ibu mencuci piring di dapur.
Gambar 5 Lani diberi
boneka oleh nenek, maka Lani mengucapkan “terima kasih”.
Kata yang ditekankan dalam subtema 4 ini adalah kata tolong yang digunakan ketika siswa membutuhkan bantuan dan kata “terima kasih” ketika mereka mendapatkan bantuan.
Dengan permainan ini
diharapkan siswa akan lebih memahami konsep dari kata tolong dan terima kasih.
C. Hasil dari Aksi Nyata yang
Dilakukan
Hasil dari aksi nyata yang dilakukan
berkaitan dengan kegiatan belajar kunjungan yang dilaksanakan secara singkat,
dikarenakan kondisi Pandemi yang belum mereda. Adapun hasilnya adalah sebagai
berikut:
1. kemampuan
siswa dalam menganalisis gambar yang dijadikan stimulus terus dikembangkan;
2. kemampuan
siswa dalam menyebutkan gambar yang dijadikan stimulus terus dikembangkan;
3. kemampuan
siswa dalam menyusun huruf-huruf pembentuk kata yang sesuai dengan stimulus
berupa gambar terus dikembangkan;
D. Pembelajaran yang Didapat dari
Pelaksanaan (Keberhasilan maupun
Kegagalan)
Pembelajaran yang didapat dari proses
pembelajaran yang dilaksanakan berkaitan dengan tema 4 keluargaku subtema 4
kebersamaan dalam keluarga yang dilaksankan secara luar jaringan melalui
kegiatan guru kunjung dilihat dari aspek keberhasilan dan kegagalan sebagai
berikut:
Keberhasilan
1. Siswa
dapat menganalisa gambar yang ditampilkan dalam TTS Bergambar Kebersamaan dalam
Keluarga.
2. Siswa
dapat menyebutkan kata dari gambar yang ditampilkan.
3. Siswa
dapat menyusun huruf-huruf yang berhubungan dengan kata dari gambar yang ditampilkan dalam TTS Bergambar
Kebersamaan dalam Keluarga.
4. Kerjasama
antar orang tua dalam paguyuban sangat harmonis dalam menunjang kegiatan
pembelajaran sehingga ikut proaktif dalam proses pembelajaran.
Kegagalan
Keterbatasan
waktu dan kondisi pandemi yang belum juga mereda membuat waktu kunjung yang terbatas sehingga
belum semua siswa terpantau kemampuan dalam menjawab TTS Bergambar Kebersamaan
dalam Keluarga, dengan demikian hanya beberapa siswa yang dapat mengikuti
pembelajaran dan dapat menyusun huruf-huruf pembentuk kata sesuai gambar yang
ditampilkan.
E. Rencana Perbaikan untuk
Pelaksanaan di masa Mendatang
Perbaikan yang akan dilaksanakan
berkaitan dengan waktu yang dibutuhkan dalam pelaksanaan pembelajaran, dengan menambah
waktu kunjung yang dijadwalkan dengan penyesuaian dengan kondisi siswa dan
lingkungan. Selain itu dengan menggunakan moda yang lain yang sesuai dengan
kondisi siswa dalam proses pembelajarannya sehingga setiap siswa dapat
melaksanakan pembelajaran.
F. Dokumentasi Proses dan Hasil
Pelaksanaan
Komentar
Posting Komentar