Penggunaan TTS Bergambar Kebersamaan dalam Keluarga dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menganalisis Nilai dalam Keluarga (Pembelajaran Kelas 1 Tema 4 Subtema 4)

Wiwin Nurwaeni

CGP Kabupaten Garut
SDN 4 Sirnajaya (201512024009)

 

A.   Latar Belakang

Proses pembelajaran yang berlaku di masa pandemi mengharuskan siswa belajar dari rumah bersama orang tua dengan bantuan dari guru yang kurang optimal. Dengan hal tersebut ketika  guru mengadakan kegiatan Guru Kunjung (Jarunjung) maka harus ada sesuatu yang akan dapat membuat pembelajaran tersebut lebih bermakna bagi siswa.

Membuat alat peraga yang sesuai dengan kebutuhan siswa tentu salah satu cara yang dapat digunakan untuk menarik minat dan motivasi  siswa dalam belajar. Selain itu alat peraga yang melibatkan konsep bermain akan lebih disukai karena sejatinya siswa sekolah dasar berada pada masa bermain. Selain itu perbaikan pembelajaran harus terus dilaksanakan guna mencapai pembelajaran yang sesuai dengan tujuan.

Setiap keluarga siswa tentu berbeda dariberbagai sisi. Dengan perbedaan yang ada maka pembelajaran dilaksanakan dengan adanya alat peraga sebagai sarana dalam menunjang keberlangsungan belajar siswa yang didalamnya termuat konsep sikap yang harus ditanamkan siswa dalam keluarga khususnya berkaitan dengana perbedaan dan keberagaman yang ada dalam keluarga. Tema keluargaku dengan subtema kebersamaan dalam keluarga menjadi materi yang dipilih karena sesuai dengan waktu pembelajaran dan sesuai dengan nilai-nilai yang akan ditanamkan pada siswa.

Melalui penggunaan alat peraga ini, diharapkan siswa akan mendapatkan pengalaman langsung yang menyenangkan sehingga nilai-nilai yang terkandung dirasakan sebagai sebuah konsep yang dapat tertanam dengan sendirinya sehingga dapat menimbulkan motivasi instrinsik dalam pengamalannya dalam kehidupan sehari-hari. Setiap kata yang termuat dalam TTS disesuaikan dengan gambar yang terdapat dalam Tema 4 Subtema 4 dalam Buku Siswa.

 

B.   Deskripsi Aksi Nyata yang Dilakukan

Alat peraga TTS Bergambar Kebersamaan dalam Keluarga merupakan alat peraga yang digunakan untuk proses pembelajaran Jarunjung yang dilaksanakan oleh guru di masa Pandemi Covid 19.

Sebagai alat atau stimulus dalam menanamkan konsep nilai-nilai yang harus dimiliki atau dilakukan oleh seorang siswa dalam menghadapi setiap perbedaan yang ada dalam keluarga. Siswa dihadapkan pada gambar-gambar yang akan mengarahkan mereka pada sebuah kata yang harus mereka jawab dengan  menyusun huruf-huruf sehingga membentuk sebuah kata yang mereka sudah pelajari dalam tema 4 subtema 4. Berikut tampilan TTS Bergambat Kebersamaan dalam keluarga.
Gambar 1 Udin sedang “belajar” bersama Ayah di rumah.
Gambar 2 Siti dan adik sedang “bermain” bersama.
Gambar 3 Edo sedang belajar dan membutuhkan bantuan, dengan demikian Edo akan mengucapkan kata “tolong”.
Gambar 4 Dayu sedang “membantu” ibu mencuci piring di dapur.
Gambar 5 Lani diberi boneka oleh nenek, maka Lani mengucapkan “terima kasih”.

Gambar 1
Tampilan Teka Teki Silang Bergambar Kebersamaan dalam Keluargaku


Kata yang ditekankan dalam subtema 4 ini adalah kata tolong yang digunakan ketika siswa membutuhkan bantuan dan kata “terima kasih” ketika mereka mendapatkan bantuan.

Dengan permainan ini diharapkan siswa akan lebih memahami konsep dari kata tolong dan terima kasih.

 

C.   Hasil dari Aksi Nyata yang Dilakukan

Hasil dari aksi nyata yang dilakukan berkaitan dengan kegiatan belajar kunjungan yang dilaksanakan secara singkat, dikarenakan kondisi Pandemi yang belum mereda. Adapun hasilnya adalah sebagai berikut:

1.  kemampuan siswa dalam menganalisis gambar yang dijadikan stimulus terus dikembangkan;

2.  kemampuan siswa dalam menyebutkan gambar yang dijadikan stimulus terus dikembangkan;

3.  kemampuan siswa dalam menyusun huruf-huruf pembentuk kata yang sesuai dengan stimulus berupa gambar terus dikembangkan;

 

D.   Pembelajaran yang Didapat dari Pelaksanaan  (Keberhasilan maupun Kegagalan)

Pembelajaran yang didapat dari proses pembelajaran yang dilaksanakan berkaitan dengan tema 4 keluargaku subtema 4 kebersamaan dalam keluarga yang dilaksankan secara luar jaringan melalui kegiatan guru kunjung dilihat dari aspek keberhasilan dan kegagalan sebagai berikut:

Keberhasilan

1.  Siswa dapat menganalisa gambar yang ditampilkan dalam TTS Bergambar Kebersamaan dalam Keluarga.

2.  Siswa dapat menyebutkan kata dari gambar yang ditampilkan.

3.  Siswa dapat menyusun huruf-huruf yang berhubungan dengan kata dari  gambar yang ditampilkan dalam TTS Bergambar Kebersamaan dalam Keluarga.

4.  Kerjasama antar orang tua dalam paguyuban sangat harmonis dalam menunjang kegiatan pembelajaran sehingga ikut proaktif dalam proses pembelajaran.

 

Kegagalan

Keterbatasan waktu dan kondisi pandemi yang belum juga mereda  membuat waktu kunjung yang terbatas sehingga belum semua siswa terpantau kemampuan dalam menjawab TTS Bergambar Kebersamaan dalam Keluarga, dengan demikian hanya beberapa siswa yang dapat mengikuti pembelajaran dan dapat menyusun huruf-huruf pembentuk kata sesuai gambar yang ditampilkan.

E.   Rencana Perbaikan untuk Pelaksanaan di masa Mendatang

Perbaikan yang akan dilaksanakan berkaitan dengan waktu yang dibutuhkan dalam pelaksanaan pembelajaran, dengan menambah waktu kunjung yang dijadwalkan dengan penyesuaian dengan kondisi siswa dan lingkungan. Selain itu dengan menggunakan moda yang lain yang sesuai dengan kondisi siswa dalam proses pembelajarannya sehingga setiap siswa dapat melaksanakan pembelajaran.

 

F.   Dokumentasi Proses dan Hasil Pelaksanaan

 

Gambar 2
Siswa sedang mengamati gambar TTS Bergambar Kebersamaan dalam Keluargaku

Gambar 3
Gambar 4

Siswa menyampaikan hasil pengamatannya mengenai gambar yang ada dalam TTS Bergambar Kebersamaan dalam Keluargaku
















Komentar

Postingan populer dari blog ini

Alur MIKiR (Mengalami, Interaksi, Komunikasi, dan Refleksi) dalam Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi Corona-19

Kesimpulan dan Refleksi Filosofis Pendidikan Nasional Ki Hajar Dewantara